Panduan Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition

Bagi kalian yang baru pertama kali memainkan game Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition, lebih baik membaca beberapa panduan yang sudah saya tulis. Disini saya akan menjelasakan beberapa hal yang menarik yang perlu kalian ketahui mengenai game simulasi kehidupan terbaik yaitu Harvest Moon.

Sebelumnya, saya sudah menulis berbagai macam panduan, tips dan trik, serta masalah lainnya yang sering dihadapi oleh para Harvester. Namun disini, saya akan sedikit merangkum tentang apa yang sudah saya tulis sebelumnya dan memberikan beberapa hal yang belum diketahui oleh para pemain Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition.

Selain itu, lebih baik anda bermain game ini dengan seri “Special Edition” karena banyak penambahan fitur yang tidak di hadirkan pada seri normalnya. Beberapa hal yang akan kita bahas dalam postingan berikut, adalah:

List diatas lah yang akan kita bahas pada panduan Harvest Moon A Wonderful Life Special dengan berbagai artikel yang sudah saya tulis. Saya berharap tulisan dibawah ini dapat membantu para pemain yang sedang memainkan game populer di PS2 ini.

PERNIKAHAN

Misi utama dalam chapter awal adalah menikah dengan gadis yang kalian pilih. Ada 4 wanita yang bisa kalian ajak menikah pada Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition yaitu:

  • Muffy
  • Celia
  • Nami
  • Lumina (SE)

Syarat menikah juga sangat mudah yaitu harus memiliki 4 hati berwarna merah dari gadis yang disukai. Setiap wanita mempunyai Diary dan kalian bisa melihat jumlah hati dari wanita tersebut disana. Selain itu, anda akan di berikan Blue Father oleh kurcaci pada musim summer.

Sebelum melamarnya, pastikan kamu sudah berteman baik dengan mereka dengan memberinya hadiah setiap hari. Kalian bisa mencari informasi mengenai hadiah yang disukai oleh setiap warga desa di fandom harvestmoon.

Pada Chapter 1, Jika kalian tidak melamar wanita manapun, salah satu wanita yang sangat menyukaimu akan mendatangimu pada tanggal 10 winter sebelum memasuki chapter 2. Dia akan mengungkapkan seluruh perasaannya dan menanyai bagaimana perasaanmu kepadanya.

Jawabanmu akan menentukan alur dari cerita game Harvest Moon A Wonderful Life SE ini. Dan jika kalian menolak dia, maka permainan akan game over dan anda harus mengulanginya lagi. Karena misi ini wajib di awal chapter, jadi tentukan siapa yang akan menemanimu untuk melanjutkan permainan ini ya.

ANAK

Setelah menikah, anda akan segera memiliki anak pada Chapter 2: Give Birth/Happy Birthday dan melanjutkan keseharianmu seperti biasanya. Perlu diketahui, anak mempunyai ketertarikan dan kepribadiannya tersendiri dan itu ditentukan oleh istri yang anda pilih.

Anak cenderung memiliki minat dan bakat yang diturunkan oleh ibunya. Sebagai Contoh ketika kalian menikah dengan Lumina, anak memiliki ketertarikan dengan Seni (Arts) dan Musik (Music).

Namun, semua itu dapat diubah tergantung dari karir anak yang harus kalian arahkan di chapter 2 dan seterusnya. Saya sudah menulis beberapa postingan mengenai anak yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Semua ketertarikan dan minat dari anak bisa kalian arahkan jika sudah mengikuti panduan dari postingan tersebut. Selain itu, minat dan ketertarikan anak bisa anda lihat setelah anak memiliki kamar sendiri beserta mainan yang ada didalamnya.

Sebagai catatan, Anak perempuan/cewek dapat kalian miliki jika menikah dengan Lumina. Untuk gadis lainnya saya belum mencobanya dan mungkin tidak bisa mendapatkan anak perempuan selain dari Lumina.

Hewan Peliharaan & Ternak

Pada seri Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition, Hewan peliharaan dan ternak yang bisa dimiliki sangat banyak. Ada sekitar 8 Hewan yang bisa ada di dalam gamenya, antara lain ialah:

  1. Anjing (Didapatkan pada awal permainan)
  2. Sapi (Sudah ada di awal permainan dan bisa membeli pada order list)
  3. Domba (Membelinya pada order list)
  4. Kambing (Beli pada Van di Chapter 2 atau 3)
  5. Ayam (Beli di Order List)
  6. Kuda (Diberikan oleh Takakura)
  7. Kucing (Diberikan oleh Romana)
  8. Bebek (Ditemukan oleh istrimu)

Ini merupakan jumlah yang sangat banyak bila dibandingkan dengan harvest moon dari series lain pada platform PS2. Untuk 3 hewan diatas, perlu beberapa syarat untuk mendapatkannya dan kalian bisa menuju link yang saya berikan diatas.

Semakin banyak Hewan peliharaan dan ternak maka semakin ramai halaman rumahmu. Namun, jangan lupa untuk merawat hewan ternak yang dimiliki seperti yang sudah saya jelaskan dibawah ini.

Selain itu, ada beberapa rumor yang beredar seperti dapat memelihara hewan Kadal, Kura-Kura dan Chihuahua. Sebaiknya jangan percaya hal tersebut karena itu hanyalah sebuah rumor saja. Anda tidak akan bisa memelihara 3 hewan tersebut karena memang tidak disediakan oleh sistemnya.

Tanaman

Disini ada dua jenis tanaman yang bisa dihasilkan yaitu tanaman biasa dan tanaman berpohon. Kedua jenis tersebut tidak bisa anda jadikan satu dalam lahan pertumbuhan. Jadi tanam buah atau sayuran yang ingin dihasilkan secara bergantian.

Untuk Chapter 3, anda akan diberikan lahan besar oleh takakura, jadi manfaatkan lahan tersebut untuk menghasilkan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, hasil panen seperti buah dari tanaman berpohon, jumlahnya lebih banyak daripada sayuran.

Pada Harvest Moon A Wonderful Life hanya memiliki sedikit tanaman yang bisa kalian tanam di kebun. Namun, ada satu fitur yang sangat menarik karena bisa melakukan hybrid pada dua hasil panen anda menjadi bibit jenis baru.

Untuk melakukannya proses hybrid, kalian harus mendapatkan Tartan terlebih dahulu. Mungkin beberapa panduan tentang tanaman bisa anda baca pada posting di bawah ini.

Disana saya sudah menjelaskan poin-poin penting tentang tumbuhan atau tanaman serta daftar kombinasi dari proses hybrid. Dengan melakukan proses tersebut, kalian akan mendapatkan bibit unik dan bisa menghasilkan buah atau sayuran berjenis baru.

Resep Masakan

Sama seperti fitur sebelumnya, Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition juga mempunyai berbagai resep masakannya sendiri. Disini menawarkan 5 jenis resep masakan yaitu Salad, Soup, Dessert, Entrees, dan Hors D’Oeuvres.

Awalnya, kalian hanya melihat 2 jenis masakan yang sudah terbuka kita ingin memasak. Namun 3 jenis masakan tersebut bisa dibuka dengan cara khusus yang sudah saya jelaskan secara lengkap pada postingan berikut.

Disini, seluruh alat untuk memasak tidak diperlukan lagi dan hanya bahan untuk memasak saja yang harus kalian punya. Semua bahan bisa didapatkan dari hasil panen dari kebunmu dan melakukan hybrid untuk mendapatkan bahan yang langka.

Peralatan

Banyak sekali tools atau peralatan yang ada pada ruangan perkebunan untuk kalian koleksi dan digunakan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan atau melengkapi semua alat perkebunan tersebut dengan cara membelinya.

Namun, ada juga versi upgrade atau yang lebih baik dari alat yang kalian beli dan gunakan tersebut. Alat-alat itu hanya bisa kalian dapatkan jika sudah berteman baik dengan penduduk atau warga desa.

Disini, saya akan memberi tahu bagaimana melengkapi dan mendapatkan semua tools atau alat perkebunan di Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition.

Alat / ToolsCara Mendapatkan
BrushBeli pada pedagang bernama Van
Cow MilkerSudah didapatkan pada awal permainan
Electronic ClippersBeli pada pedagang bernama Van
Wool ClippersBerteman baik dengan Wally. Masuk ke rumahnya pada saat dia ada di dalam
Wool ShearsPesan pada order list Takakura
Fishing RodBeli pada pedagang bernama Van
Good Fishing RodBerteman baik dengan Galen. Pada Chapter 2, Masuk ke rumahnya dan bertanya padanya
Goat MilkerDidapatkan ketika pertama kali membeli kambing dari Van
Heavy HoeSudah di dapatkan pada awal permainan
HoePesan pada order list Takakura
Light HoePesan pada order list Takakura
Strange HoeBerteman baik dengan Tim & Ruby. Mengaktifkan cutsceen dengan cara masuk ke kamar mereka sekitar jam 08.00 AM
Weird HoeBerteman baik dengan Vesta. Masuk ke gubuknya pada saat dia sendirian
Small Watering CanSudah di dapatkan pada awal permainan
Medium Watering CanPesan pada order list Takakura
Heavy Watering CanPesan pada order list Takakura
Weird Watering CanBerteman baik dengan Romana. Masuk ke kamarnya pada saat dia sendirian
Heavy SickleSudah di dapatkan pada awal permainan
SicklePesan pada order list Takakura
Light SicklePesan pada order list Takakura
Strange SickleBerteman baik dengan Cody. Masuk ke rumahnya pada saat di ada di dalamnya sebelum jam 09.00 AM
Weird SickleBerteman baik dengan Dr. Hardy. Pada Chapter 2, masuk ke rumah baru dari dokter tersebut

Itulah semua alat atu tools yang ada pada game Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition ini. Jika kalian ingin melengkapi semua alat perkebunan tersebut, pastikan sudah berteman baik dengan seluruh warga.

Sedikit tambahan dari saya, untuk mendapatkan Weird Hoe, anda harus melengkapi semua jenis Hoe dan sudah membuka ladang ke-3 pada kebunmu. Mungkin anda bisa mendapatkannya Weird Hoe tersebut setelah semua persyaratan terpenuhi.

Memancing

Memancing memang melelahkan karena harus menunggu dengan hasil yang belum pasti dapatnya. Namun, ada strategi memancing yang tepat agar anda bisa mendapatkan ikan-ikan dengan jenis langka dan bisa menjualnya dengan harga yang mahal.

Jenis ikan disini sangat banyak dan memiliki nama-nama yang bagus seperti Colombo, Snelt, Nyamame, Huchep, Rainbob, Yamame, Arna dan Sharshark. Walaupun begitu, kalian tidak bisa menentukan ikan apa yang didapatkan karena semua sudah di acak (random) oleh sistem.

Ada 4 lokasi memancing terbaik yang sudah saya temukan disini yaitu Turtle Swamp, Goddes Pond, Waterfall dan Up/Down Stream. Disana kalian akan menemukan berbagai jenis ikan yang telah disesuaikan dengan empat kategori yaitu Tiny, Normal, Big dan Huge.

Saya akan membagikan sebuah tips memancing agar kalian bisa mendapatkan ikan yang bisa dijual dengan harga mahal. Berikut ini adalah syarat yang harus kalian lakukan untuk mendapatkannya.

  • Memiliki Good Fishing Rods dari Galen.
  • Memancing di Downstream.
  • Melihat siaran memancing di TV dan segera pergi memancing di pagi hari.

Dengan trik khusus diatas, anda bisa mendapatkan ikan berjenis Sharshark yang memiliki harga jual paling tinggi diantara ikan-ikan lainnya.

Tips Bermain Harvest Moon A Wonderful Life SE

Terakhir, saya akan membagikan beberapa tips yang dapat membantumu dalam memainkan game Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition ini. Postingan yang saya berikan mungkin bisa menjawab beberapa pertanyaan dari para harvester, seperti:

Ketiga artikel diatas bisa membantu dalam mengkoleksi sebuah piringan hitam (record) dan dapat membuatmu cepat kaya. Karena disini tidak terlalu sulit untuk mendapatkan uang, jadi sebaiknya gunakan saja uangmu untuk keperluan lainnya.

Jika kalian ingin mengetahui rumor atau misteri yang ada pada game Harvest Moon seri ini, bisa mengunjungi Frequently Asked Questions (FAQs) ya. Disana saya menjelaskan beberapa poin penting yang sering dipertanyakan oleh harvester.

Mungkin hanya sampai disini saja Panduan Harvest Moon A Wonderful Life Special Edition yang bisa saya berikan dan selamat bermain kawan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AdBlock Terdeteksi

Matikan pengaturan AddBlock di browsermu agar dapat membuka halaman ini. Hargai usaha dari penulis yang sudah bersusah payah menulis artikel ini. Terima Kasih atas pengertiannya :)