USAHAMUDA

UM Career Hadir Membuka Peluang Kerja untuk Mahasiswa dan Umum

Peluang Kerja untuk Mahasiswa
Peluang Kerja untuk Mahasiswa

MINIARTIKEL.COM, MALANG-Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengadakan Job Fair dan Program Mahasiswa Wirausaha Expo pada Kamis, (15/11). Acara ini berlangsung mulai dari pukul 13.00-16.00 WIB, yang bertempat di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang. Acara Job Fair ini dihadiri oleh puluhan lulusan mahasiswa yang berasal dari berbagai Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di Malang.

Terdapat 25 perusahaan dari seluruh Indonesia yang menyediakan stand di Gedung Sasana Krida UM. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 14-15 November. Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahun yakni dua kali dalam satu tahun. Tujuan diadakan Job Fair ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa yang telah lulus baik itu Diploma maupun Sarjana dan juga untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada di kota Malang.

Menurut Eka, perempuan lulusan D4 Jurusan Teknik, tujuan ia mengikuti UM Career adalah untuk mencari lowongan kerja, namun menurutnya Job Fair kali ini dinilai kurang memuaskan.  “Tidak ada lowongan untuk lulusan teknik, padahal saya sangat menginginkan itu,” ujar Eka. “Mungkin jika lain kali ada Job Fair lagi saya akan mencoba ikut lagi,” tambahnya.

Salah satu perwakilan Maxi Organizer berpendapat bahwa acara Job Fair ini  bagus, itu artinya Job Fair harus diadakan secara berkelanjutan untuk memberikan informasi lebih kepada mahasiswa maupun yang sudah lulus mengenai perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar kampus.

“Kami sendiri dari perusahaan senang juga oleh pihak kampus, dengan atau tanpa biaya, artinya apa, ketika kita membutuhkan kandidat dengan kriteria tertentu, pasti saya yakin teman-teman yang ada di universitas atau berada di kampus ini pasti punya, karena apalagi ini Universitas Negeri Malang, tentu banyak fakultas dan jurusan, sehingga ketika kita pilih, misalnya untuk marketing Smartfren, kita tidak kesusahan,” ujar Sony, marketing Smartfren.

Event Job Fair ini baik jika dilakukan menjelang atau setelah proses produksi suatu perusahaan, sehingga para lulusan mahasiswa tidak susah dalam mencarinya. “Untuk Smartfren sendiri kita baru buka di marketing, namanya Smartfren Gadget Specialis atau promotor, itu fungsinya mempromosikan semua produk Smartfren, dan yang kedua adalah Smartfren Gadget Leader, sebagai koordinator dari koordinator promotor (SGS) yang fungsinya me-lead atau memimpin SGS untuk mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan,” imbuh Sony, marketing Smartfren.

UM Career untuk kedepannya diharapkan dapat diselenggarakan dalam rangka memberikan peluang kerja kepada calon tenaga kerja atau mahasiswa yang sudah lulus untuk mendapatkan pekerjaan sesuai apa yg diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.