Beranda USAHAMUDA Siapa Takut Memulai Usaha di Waktu Muda

Siapa Takut Memulai Usaha di Waktu Muda

Memulai Usaha di Waktu Muda
Foto: instagram @sukamasaksukamakan

MINIARTIKEL.COM, MALANG – Anggundari Septiana, perempuan yang akrab disapa Anggun ini merupakan owner @sukamasaksukamakan, ia mengaku banyak sekali mengalami suka dan duka sepanjang perjalanannya dalam mengelola usahanya.

Meskipun terlihat mulus dalam membuka usaha, dibalik itu terdapat tantangan yang harus ia hadapi adalah dalam mengatur waktu dan juga tanggung jawabnya menjadi owner.

Ia harus menyesuiakan jadwal kuliah, dan jika ia sedang free kuliah barulah bisa memaksimalkan bisnisnya. Meskipun begitu ia tak pernah berpikir untuk menyerah.

Awal ia berencana memulai bisnis disaat ia memasuki semester 4, namun karena ia Mahasiswa Jurusan Biologi, ia merasa sangat sibuk di perkuliahan dan belum bisa menyempatkan waktu untuk mengelola usaha.

kkk
Bahan untuk membuat Mie Foto: instagram @sukamasaksukamakan

Hingga pada pertengahan bulan September 2018 kemarin, ia mulai diajak oleh partnernya, awalnya ia hanya iseng promosi di instagram, namun pada kenyataannya tidak disangka hal itu mendapatkan respon baik, lalu hal tersebut menjadikannya keterusan mencoba hingga sekarang. Hingga akhirnya ia pun berhasil mendapatkan juara pada DO-FEST 2018 dengan kategori favorite stand.

Anggun mengaku suka masak dan kebetulan temannya suka makan, hal itulah yang membuat ia dan temannya menjalin kerjasama untuk membuka usaha yang brandnya di namakan @sukamasaksukamakan. Modal yang ia butuhkan sekitar Rp 60 ribu, omzet yang ia peroleh sekitar Rp 2 juta per bulan. Untuk jenis makanan yang ia jual adalah Mie Pasta Kampong.

k
Pasta Mie Kampong yang sudah disajikan (Foto: instagram @sukamasaksukamakan)

Untuk rencana tahun depan ia akan mengembangkan usahanya dan ingin mempunyai outlet supaya peminatnya semakin meluas. Sebenarnya ia memulai berbisnis online sejak menginjak masa SMA, menurutnya semakin muda semakin kreatif dalam berbisnis.  Motivasinya dalam berbisnis tak lain karena ia ingin menciptakan peluang kerja dan berguna untuk orang banyak.

Tips ia dalam merintis usaha yaitu dengan terjun langsung ke lapangan, karena ketika seseorang berani terjun langsung ke lapangan, maka seseorang tersebut akan merasakan di mana menjadi Bos, karyawan, atau jadi orang kecil sekalipun dalam berwirausaha. Kunci untuk sukses dalam berbisnis ialah ketika jatuh, ia tahu cara untuk bangkit. (fdl)

Reporter : Fadillah Prabawati
Editor    : Dita Mawar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.