USAHAMUDA

Seminar “Peran Media Untuk Pertumbuhan UKM” Berikan Teknik Pemasaran di Era Digital

Peran Media Untuk Pertumbuhan UKM
Rahmad Santoso (President IMA Chapter Malang) (Kiri) yang sedang memberikan sedikit materi dengan Kurniawan Muhammad (Direktur Radar Malang) (Kanan). (Foto: Andri/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, MALANG – Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu pilihan yang saat ini banyak dijadikan oleh masyarakat kecil yang ingin memulai usaha baru. Banyak kegiatan serta produk-produk yang sudah dihasilkan oleh UKM-UKM yang ada di Kota Malang sendiri, mulai dari usaha rumahan (Home Industry) sampai usaha-usaha yang mulai maju.

Jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh beberapa UKM yang ada di Malang juga beragam, mulai dari produk peralatan rumah tangga, pakaian, hingga makanan. Perkembangan UKM yang ada di Malang inilah yang menjadikan 7sevenchicken, salah satu restoran berbasis cepat saji yang berlokasi di Belimbing, Malang mengadakan seminar yang mengangkat tema “Peran Media Untuk Pertumbuhan UKM”.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis, (6/12) pukul 09.00-12.00 WIB yang berlokasi di 7sevencoworking. Pada seminar kali ini 7sevenchicken mengundang Kurniawan Muhammad (Direktur Jawa Pos Radar Malang) sebagai pemateri. Seminar tersebut memiliki sasaran yaitu untuk semua pelaku UKM yang ada di Kota Malang.

Menurut Kurniawan Muhammad (Direktur Radar malang), seseorang untuk menjadi pengusaha harus pernah ditipu, jika seseorang ketika membuka usaha tetapi belum pernah ditipu, maka belum bisa dikatakan menjadi pengusaha. Selain mendatangkan Kurniawan Muhammad, pada seminar tersebut juga kedatangan President IMA (Indonesian Assosiate Marketing), Rahmad Santoso.

Dalam Seminar itu juga memberikan sedikit materi tentang teknik Pemasaran secara soft selling (penjualan melalui online), dan hard selling (penjualan produk melalui langsung). Diperkirakan masyarakat Indonesia yang masih membaca media cetak (koran) adalah masyarakat yang berumur lebih dari 40 tahun, sedangkan penduduk yang berumur sekitar 40 tahun keatas (sekitar 88.627.300 juta) penduduk.

Itu artinya pamor media cetak yang ada di Indonesia kemungkinan akan kalah dengan media online, yang dimana media online memang lebih unggul dari segi kecepatan dalam mengeluarkan suatu berita. Dalam Seminar tersebut Kurniawan Muhammad berpesan supaya media digital agar tidak membunuh media cetak, baik membunuh melalui berita, dan membunuh melalui iklan-iklan yang digunakan untuk kawan-kawan pelaku UKM ketika akan memasarkan produknya di media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.