USAHAMUDA

Seminar “Creative Millenial Preneur” Tumbuhkan Semangat Berwirausaha Kaum Millenial

Tumbuhkan Semangat Berwirausaha

MINIARTIKEL.COM, MALANG–UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar seminar nasional bertajuk Creative Millenial Preneur “Show Your Innovation To Be Creative Preneur In Millenial Era” . Seminar ini diadakan pada hari Jumat, (16/11) berlokasi di Aula Ir. Soekarno UIN Maliki Malang. Seminar tersebut dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB. Pada seminar ini dihadiri oleh pemateri yang telah sukses menjadi pengusaha yaitu Vicky Arif Herinadharma S.kom (Koordinator Malang Creative Fusion), dr Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika), dan pemateri utama yaitu Haykal Kamil (CMO KALS Corporate, Aktor, Produser).

Haikal Kamil, selaku pemateri utama mengatakan bahwa untuk menjadi entrepreneurship, seseorang harus berani memulai berbisnis tanpa ragu dan selalu berpikir positif. “Kita harus bisa sensitif dalam mencari peluang, dalam bisnis seseorang harus bisa mengalahkan dirinya sendiri, rasa malu dalam diri sendiri,” ujar Haikal Kamil.

“Bisnis harus berkelanjutan, usaha itu tidak selalu harmonis, saya pernah bekerjasama dengan kakak saya dan hanya berjalan selama tiga bulan saja. Dalam bisnis tidak boleh bawa perasaan, kalau dirasa tidak cocok ya berhenti saja,” tambahnya.

Dalam Creative Millenial Entrepreneur juga tidak terlepas dari budaya dan tradisi, pemateri mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang cukup kaya, di mana ini menjadi potensi yang luar biasa dan harus dijaga oleh bangsa Indonesia sendiri. “Reog Ponorogo akan diakui oleh Malaysia, tempe saat ini sudah diakui oleh Jepang, kekuatan bangsa Indonesia ada pada tradisi, yang mana pada zaman millenial, tradisi tersebut harus dijaga dengan baik,” tegas dr Gamal Albinsaid.

Tumbuhkan Semangat Berwirausaha
Suasana seminar Penumbuhan Wirausahawan Muda “Dibalik Layar Kopi Nusantara”, (8/12) (Foto: Fikho/usahamudaku)

Peserta seminar yang hadir tidak hanya dari mahasiswa UIN Maliki Malang saja, namun juga dari berbagai Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di Malang. Seperti Arif, mahasiswa Jurusan Manajemen UMM yang berhasil kami wawancarai dalam seminar tersebut mengatakan, bahwa tujuan dirinya mengikuti seminar salah satunya adalah untuk mendapat sertifikat, selain itu juga dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana memulai bisnis dan menjadi entrepreneur muda.

“Manfaat yang didapat dari seminar ini adalah pengalaman dari pemateri bisa dijadikan motivasi untuk kita. Harapan saya semoga lain kali universitas yang ada di Malang kembali mengadakan seminar entrepreneur lagi, karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya yang ingin menjadi pengusaha muda,” kata Arif.

Untuk menjadi creative entrepreneur, seseorang harus mempunyai setidaknya satu dibidang fashion, videografi, kuliner, musik, seni rupa, cinematography dan lain-lain, jadi ada lapangan kerja yang sesuai dengan passion masing-masing,” ujar Vicky Arif Herinadharma.

Pemateri sedang berdiskusi dengan peserta seminar di UIN Maliki Malang, Jumat (16/11). (Foto: Fikho/Usahamudaku)

Ahmad Fajar Dewantoro selaku panitia seminar mengatakan bahwa panitia berusaha semaksimal mungkin untuk membuat acara yang fenomenal dengan runtutan acara Economic Festival. Panitia seminar mengadakan debat nasional, yang dihadiri oleh Haikal Kamil, selaku entrepreneur muda yang mempunyai usaha sekaligus produser.

“Kami selaku panitia berharap dengan adanya seminar ini, seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki bisa mendapatkan bekal pengalaman untuk membangun nilai-nilai entrepreneur. Jadi bagaimana kemudian mahasiswa Jurusan Ekonomi bisa difasilitasi dasar-dasar menjadi creative preneur untuk kedepannya,” ujar Fajar.

Makna atau inti yang dapat dipetik dari seminar Creative Millenial Preneur ini adalah untuk menjadi seorang entrepreneurship, seseorang harus didasari oleh suatu hal yang mereka suka atau passion yang dimiliki, karena setelah itu seseorang akan melakukan bisnisnya tanpa merasa keberatan. (fkh)

Pewarta : Dwira Fikho I
Editor   : Fadillah Prabawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.