USAHAMUDA

Percaya pada Potensi Diri Sendiri

Percaya pada Potensi Diri Sendiri
Muhammad Ridho Chia (25). Foto : Novan

MINIARTIKEL.COM – Mampu menguasai berbagai bahasa, khusunya bahasa Inggris adalah sebuah keutamaan. Apalagi di zaman Milleneal seperti saat ini, bahasa Inggris merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting.

Hal ini dikarenakan bahasa inggris sendiri merupakan bahasa internasional. Pendidikan di Indonesia masih perlu banyak perbaikan dan peningkatan lagi, untuk mencapai tingkat dan kualitas yang lebih baik dan juga merata di seluruh daerah di Indonesia. Agar bisa mencerdaskan kehidupan bangsa yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

Hal inilah yang melatarbelakangi Muhammad Ridho Chia (25) membuka jasa pendidikan khususnya bahasa Inggris. “Jadi saya memberikan jasa pengajaran bahasa Inggris baik online melalui aplikasi whatsapp, maupun offline dengan cara berjumpa langsung. Belajar bahasa Inggris, khususnya speaking selama 2 bulan, Alhamdulillah saya sudah lancar berbahasa Inggris. Lalu pada bulan ketiganya saya sudah memulai untuk mengajar orang lain tentang bahasa Inggris,” ujar Ridho.

Motivasi Ridho membuka jasa mengajar bahasa Inggris adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat, tidak hanya untuk orang-orang terdekat, namun juga untuk orang banyak. Selain itu, memberikan kesempatan kepada orang-orang yang tidak memiliki finansial yang baik, supaya dapat merasakan pendidikan yang layak dan berkualitas tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Ridho lulus dari Program Diploma IPB Program Keahlian Komunikasi pada tahun 2015, setelah itu mencoba untuk mencari kerja dengan menjadi seorang admin di salah satu webportal berita swasta di Indonesia. Namun, setelah dijalani tidak begitu baik prospeknya untuk masa depan Ridho. Sehingga Ridho memutuskan untuk mencari pekerjaan lain.

“Akhirnya saya mendapatkan lowongan pekerjaan di PT PELINDO (Pelabuhan Indonesia) II di kota Medan. Namun, ada salah satu persyaratan untuk bekerja di tempat tersebut yaitu dengan memiliki score TOEFL 500. Namun, pada saat itu saya sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar bahasa Inggris dikampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, “ Ujar Ridho.

Dipertengahan jalan Ridho berubah pikiran untuk bekerja sebagai pengajar bahasa Inggris, karena menurutnya potensi diri lebih terlihat menjajikan. Sebelumnya sudah ada rencana untuk membangun kursus sendiri ketika dipertengahan mengajar bahasa ingris di Kampung Inggris Pare, tepatnya saat bulan september 2016.

“Setelah 1 tahun saya mengajar di Pare , Saya memutuskan untuk melanjutkan Studi saya di Universitas Muhammadiyah Malang, Jurusan Ilmu Komunikasi. Di samping kesibukan saya sebagai mahasiswa baru, saya masih tetap mengajar di Kampung Inggris Pare. Namun, diawal tahun 2018, saya memutuskan untuk tidak lagi mengajar dikampung Inggris Pare. Akhirnya saya berinisiatif dan membulatkan tekad saya untuk membangun kursusan saya sendiri yang bernama EASY ENGLISH COURSE (for a better Indonesia),” sambung Ridho.

Beberapa bulan setelah membangun kursus bahasa Inggris tepatnya bulan April 2018, Ridho mendapatkan omset yang cukup menjanjikan untuk kursus online, yaitu 3-5 juta dalam sebulan. 4-5 juta untuk kursus offline, income tetap untuk online 4 juta dan offline sekitar 3 juta.

Namun, Ridho merasa kurang puas dengan apa yang sudah dihasilkan, sehingga dia berniat membangun bisnis baru dibidang broadcasting yaitu foto studio dan percetakan. Apabila teman-teman ada yang berminat untuk belajar bahasa Inggris berstandarisasi Kampung Inggris Pare, bisa check ig di @easyenglish.idn atau bisa whatsapp di nomor 085215767567 atau 087867975257.

Ridho berpesan kepada seluruh mahasiswa harus bisa memulai suatu hal yang baru, harus sudah ada gambaran ke depan atau rencana ke depan apa yang ingin dilakukan dan dicapai setelah lulus kuliah. Supaya ketika selesai kuliah tidak kaget dengan dunia kerja sesungguhnya seperti apa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.