Beranda USAHAMUDA Pengrajin Patung Semakin Lama Sulit di Temukan, Johan Tetap Bertahan

Pengrajin Patung Semakin Lama Sulit di Temukan, Johan Tetap Bertahan

Pengrajin Patung Semakin Lama
Johan Ari Kuncoro (30) seniman sekaligus pengrajin patung.

MINIARTIKEL.COM, MALANG-Segala sesuatu yang di ciptakan agar terwujud suatu nilai keindahan merupakan salah satu arti dari Seni. Istilah seni dalam bahasa Inggris yaitu ART yang artinya barang atau karya dari sebuah kegiatan.

yy
Murid Johan sedang mengerjakan produksi patung

                Salah satu seniman yaitu Johan Ari Kuncoro (30), generasi ke 3 usaha patung, dekorasi dan tari.  Usaha produksi patung mulai di rintis tahun 1975, hingga sekarang usaha tersebut sudah tersohor hingga mancanegara. “Saya ini termasuk generasi ke 3 yaitu pertama kakek, Bapak terus saya. Ayah saya dulu pernah membuat sepeda yang berasal dari bambu,” Ucap Johan, Selasa (25/12/2018).  Galeri Art Cha ini merupakan galeri seni milik keluarga Johan yang ke 3, terletak di Jalan Ngijo, Karangploso, Kabupaten Malang. Johan Pernh mendapat pesanan agar membuat patung untuk mantan presiden Indonesia yaitu BJ Habibi. “Beliau pesan casting glass patung Soekarno jadi berbentuk kerajinan kaca, kotak terus  patung itu di dalam kaca tersebut,jadi kacanya itu di pahat agar bisa terbentuk patung di dalam kaca, saya saja sampai tidak bisa menjelaskan proses pembuatannya,’’ sambung Johan kepada kami sembari tertawa.

                Kalau produksi seperti sepeda memerlukan waktu pengerjaan sekitar 6 bulan, dan itu juga tergantung proses kerumitan pembuatan. Johan merupakan Alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta.

                Saat ini Johan juga mendirikan sekolah gratis untuk para pemuda kreatif. Karena kerajinan yang lampau itu sangat sulit maka kita alihkan ke dekorasi. Banyak pesanan patung dari Taman Safari Jatim Park. Untuk produknya sendiri tembus sampai luar negri. Yang paling berkesan yaitu membuat patung pesanan dari BJ Habibi.

yyy
foto salah satu produksi Galeri Art Cha

“Ini saya juga dapat pesanan dari Bapak Jokowi, masih proses pembuatan, namun kalau bentuknya bagaimana masih saya rahasiakan, nanti kalau jadi masnya datang lagi kesini,“ ujar Johan kepada kami. Johan menuturkan yang terpenting dalam sebuah karya yaitu kualitas harus tetap di jaga. Apabila ada orang mau pesan dan di rasa johan harus memerlukan teknik seni yang tinggi, maka Johan sendiri yang akan mengerjakannya.

“Bahan baku produksi patung berasal dari semen, dahulu pakai kayu, karena kayu mahal maka saya alihkan ke yang mudah tapi tetap bagus dan di jaga kualitasnya,agar lebih ada kreatifitas,” ujar Johan. Namun bila ada pesanan patung berasal dari kayu, maka Johan tetap akan memproduksinya. Harga untuk patung rata-rata 4 jutaan kalau untuk pesanan khusus seharga 9 hingga belasan juta. Omset dari usaha tersebut sekitar 30 juta perbulan.

Johan menuturkan bahwa semakin lama, pengrajin patung semakin sulit di temukan.”pertama saya ke ISI berfikir bahwa menemukan yang murni yaitu idialisme, ternyata tidak idealisme itu nol.  Idealis kerja yang baik karyamu bagus, bisa dijual. Bahan bagus atau tidak itu bukan masalah yang penting di kerjakan, yang baik dan juga jaga kualitas. Seni itu bisa menghidupi jadi bisa menghidupkan seni maka seni juga akan menghidupimu yaitu jadi kamu memiliki karya seni yang bagus, orang menyukai, maka rezeki akan datang bersama seni yang kamu buat itu,” ujar Johan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.