USAHAMUDA

Menulis dapat Dijadikan Bisnis? “How to be a Good Writer in the Millenial”

Menulis dapat Dijadikan Bisnis
Febriansyah Ramadhan, S.H (Founder komunitas riset dan debat FH UMM) (kiri), Moderator (tengah), Nurudin M.Si (penulis, dosen Ilmu Komunikasi UMM) (Kanan), sedang memberikan materi, Sabtu (8/12). (Foto: Fadillah/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan seminar bertajuk “How to be a Good Writer in the Millenial” pada Sabtu, (8/12). Seminar ini dihadiri oleh Nurudin M.Si (penulis, dosen Ilmu Komunikasi UMM) dan Febriansyah Ramadhan, S.H (Founder komunitas riset dan debat FH UMM). Acara ini berlangsung mulai dari pukul 09.00-12.30 WIB, yang bertempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV lantai 4 Universitas Muhammadiyah Malang.

Acara seminar ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fakultas Hukum dan beberapa Fakultas lainnya yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Seminar ini adalah agenda pertama yang diselenggrakan oleh LPM. Tujuan diadakan seminar ini adalah untuk meningkatkan minat menulis dan menggali ide kreatif para mahasiswa di zaman millenial.

Nurudin, selaku pemateri mengatakan bahwa, dalam menulis seseorang harus mengenali, memahami, dan mempraktikkan apa yang akan ditulis. Ada beberapa hal yang terkait yaitu promotif, barang akreditasi, kenaikan pangkat, dan juga keuntungan materi. “Setiap tulisan punya pasar pembaca sendiri, setiap buku punya pasar sendiri, yang terpenting kita harus percaya pada diri sendiri,” ujar Nurudin.

Selain merupakan bakat, kemampuan menulis juga bisa dikembangkan melalui media sosial dan juga diterbitkan sehingga menjadi sebuah prestasi dan juga dapat menghasilkan keuntungan. Semakin terkenalnya penulis, maka penghasilan yang akan didapat juga semakin besar, terkenalnya penulis juga tergantung dari karya yang dihasilkan dan di publikasikan.

“Ketika menulis , hidup kita tidak hanya pada ruang dan waktu. Ketika kita tidak lagi hidup, maka pemikiran kita akan selalu ada dan dikenang,” ujar Febriansyah Ramadhan (Founder komunitas riset dan debat  FH UMM).

Aji Firmansyah, selaku panitia seminar mengatakan bahwa saat ini mahasiswa mengalami penurunan moral dan menurunnya minat baca dan tulis, adanya media sosial menjadi boomerang bagi para generasi millenial. Oleh sebab itu, maka diperlukan adanya seminar yang dapat memotivasi para mahasiswa untuk meningkatkan minat menulis.

Seminar ini sangat diminati oleh mahasiswa, untuk pendaftaran sendiri ditutup dalam jangka waktu tiga jam. Jika dijumlah secara keseluruhan, untuk pendaftaran seminar ini terdapat 300 peserta, namun karena keterbatasan tempat, pihak panitia hanya menerima sekitar 70 peserta. “Harapan untuk mahasiswa yang mengikuti seminar ini adalah dapat meningkatkan ide kreatif dan tidak hanya terjebak dalam zona nyaman dan media sosial,” tegas Aji Firmansyah.

Inti dari seminar ini adalah untuk menjadi seorang penulis, seseorang tidak harus mempunyai bakat menulis, semua orang dapat menjadi penulis ketika mereka mempunyai kemampuan dan juga niat untuk menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.