Beranda USAHAMUDA Mengolah Limbah Sampah Menjadi Berkah

Mengolah Limbah Sampah Menjadi Berkah

Mengolah Limbah Sampah Menjadi Berkah
Bayu Purnomo Aji beserta kerajinan kulit olahannya (Foto: Novan/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, Kerajinan berbahan dasar kulit di Indonesia selama ini sangatlah diminati oleh masyarakat, karena termasuk ke dalam jenis barang yang awet. Namun untuk saat ini kerajinan berbahan dasar kulit sangatlah langka, dikarenakan pengrajin kulit di Indonesia untuk saat ini masih tergolong sedikit.

Bayu Purnomo Aji (23) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang berasal dari Kabupaten Trenggalek, mulai menekuni usahanya yaitu barang kulit ukir. Bayu berkata bahwa perbedaan produk ia dengan yang lain yaitu produk kulit di ukir, diberikan pewarna nabati dan pembeli bisa request motif ukiran yang diinginkan.

Untuk Modal awal sendiri Bayu mengeluarkan budget sekitar Rp 3 juta rupiah yaitu untuk pembelian peralatan dan bahan baku. Sekarang untuk Omzet dari usahanya sekitar Rp 6 juta per bulan. Usaha yang dirintis sekitar 2,5 tahun yang lalu, saat ini Bayu telah memiliki toko di kawasan Trenggalek. Untuk  lokasi pembuatan di daerah Malang sendiri berlokasi di Tegalgondo dan pemasaranya melalui media online.

q
Foto Kerajinan Olahan Kulit Milik Bayu (Foto: Novan/usahamudaku)

“Usaha ini saya tekuni karena tergolong usaha yang masih jarang dan selama ini yang ada hanya kerajinan dari kulit saja. Misal hanya sepatu kulit, dompet dan sabuk. Dalam usaha ini saya menambahkan ukiran di dalam hasil karya saya,” ujar Bayu.

Awalnya usaha tersebut berasal dari progam PKM. Namun kelihatan prospeknya bagus dan banyak pemesannya, sekarang berkembang dan menambah tiga karyawan untuk mengerjakan kerajinan.

Tiga karyawan tersebut memiliki peran yang berbeda. Ada yang sebagai pemilih gambar dan pewarnaan, pengukir dan penjahit. Untuk pemasarannya sendiri melalui online, pameran-pameran hasil produksi dari ternak dan juga bisa langsung datang ke toko olahan kulit tepatnya di jalan Gandusari Kabupaten Trenggalek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.