USAHAMUDA

Mengangkat Sektor Pertanian Kopi Lewat Seminar “Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian”

Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian
Suasana seminar Penumbuhan Wirausahawan Muda "Dibalik Layar Kopi Nusantara", (8/12) (Foto: Fikho/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, Malang – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang menggelar seminar dengan judul Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian dengan tema “Dibalik Layar Kopi Nusantara”, Sabtu (8/12). Seminar ini berlokasi di Aula Sasana Giri Sabha POLBANGTAN Malang. Seminar dimulai pukul 07.30 WIB – selesai. Seminar ini dihadiri oleh pemateri yang berpengalaman dalam dunia pertanian kopi dan usaha kopi, serta digital marketing, yaitu Winarso (Petani Teladan Tutur Coffe), Subairi Ubay (Biru Daun Group), dan Joey Malvin (Passion Malang).

Salah satu pemateri, Joey Owner Passion Malang mengatakan bahwa usaha berangkat dari passion, melayani customer harus dengan ramah dan membuat nyaman, dan harus siap dengan permasalahan yang ada, jangan sampai masalah tersebut mengganggu dalam kinerja. Winarso (Petani Teladan Tutur Coffe) mengatakan, menjadi petani tidak selalu hal yang buruk di mata orang di luar sana, tetapi menjadi petani adalah pekerjaan yang keren.

Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian
Amri Maulana Fachri, mahasiswa Polbangtan – Malang, sedang bertanya pada pemateri. (Foto: Fikho/usahamudaku)

Selanjutnya diikuti dari proses pengolahannya yang dihadiri oleh pemilik kafe Passion Malang, beserta digital marketing yang sudah lama berkecimpung di dunia kopi dan kegiatan digital marketing. Peserta seminar yang hadir dari berbagai Universitas dan kalangan umum. Amri Maulana Fachri, mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertnian Berkelanjutan mengatakan, bahwa sangat baik kedatangan petani langsung, dimana petani itu menjelaskan sistem pengolahan dari panen hingga pasca panen.

“Harapan saya setelah lulus kuliah, bisa membuka salah satu cabang, baik dari budidaya, digital marketing, atau pengolahannya bahkan ketiganya. Jadi dari proses budidaya saya bisa mendapatkan hasil kebun, proses panen hingga pasca panen, dan saya bisa memasarkan itu melalui kafe. Bahkan saya juga bisa menggunakan green bean atau roas bean dan saya pasarkan ke kafe-kafe melalui digital marketing,” ujar Amri.

Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian
Para peserta panitia penyelenggara seminar Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian “Dibalik Layar Kopi Nusantara”, Ketua Pelaksana (tengah), beserta anggota panitia pelaksana lainnya. (Foto: Fikho/usahamudaku)

Muhammad Danar Anggara (ketua panitia), mengatakan bahwa peserta seminar yang hadir pada hari ini sangat antusisas dan dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pelaku usaha,  kemudian dari Dinas Pertanian. Harapan panitia dari seminar ini adalah ingin menyadarkan bahwa regenerasi pertanian itu perlu di Indonesia, pemuda Indonesia diharapkan mampu untuk berkonstribusi mengembangkan sektor pertanian di Indonesia.

Kesimpulan dari seminar ini adalah, kita sebagai anak muda jangan pernah malu untuk membudidayakan hasil pertanian kita dalam sektor kopi, karena perkembangan zaman semakin maju hingga kedepannya. Untuk itu mari memulai usaha di usia muda untuk mencapai kesuksesan yang akan datang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.