USAHAMUDA

Klinik Bisnis Bangun Semangat Mahasiswa dalam Berbisnis

Klinik Bisnis Bangun Semangat Mahasiswa
Marketing Community Shopee sedang menyampaikan materi, Jumat (30/11) (Foto: Fadillah/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan seminar bisnis dengan tema Klinik Bisnis “Take Your Business To The Next Level With Shopee” pada Jumat, (30/11). Seminar tersebut adalah kerjasama antara UMM dengan Shopee. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 13.00-16.30 WIB, yang bertempat di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV lantai 9 Universitas Muhammadiyah Malang.

Acara seminar Klinik Bisnis ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang. Pemateri dalam Seminar ini adalah Gunawan Prianto (Marketing Community Shopee). Tujuan diadakan Seminar Klinik Bisnis ini adalah untuk membangun semangat berbisnis para mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang.

Gunawan Prianto, selaku Marketing Community mengatakan, bahwa terdapat tujuh tahap psikologi pembeli antara lain adalah eksposure, interest (ketertarikan), imagination (penggambaran), compare (membandingkan), convince (meyakinkan), decision (keputusan), satisfaction (kepuasan). Yang konsumen lihat ketika mencari produk adalah detail produk, kualitas produk, kesesuaian produk, jenis produk, dan up to date.

Menurut Wafa, mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, tujuan ia mengikuti seminar ini adalah untuk memperoleh informasi seputar pembangunan bisnis, cara berbisnis. “Jadi dengan ikut seminar Shopee ini, saya bisa lebih tahu cara menggunakan Shopee, bisnis dalam Shopee itu seperti apa,” ujar Wafa.

Klinik Bisnis Bangun Semangat Mahasiswa
Moderator sedang membuka sesi tanya jawab kepada peserta seminar Jumat (30/11) (Foto: Fadillah/usahamudaku)

Di zaman millenial ini, seseorang dianjurkan untuk lebih jeli untuk membeli suatu produk, karena pasar menjadi lebih terbuka luas dan menembus berbagai daerah dan Negara. “Di zaman millenial, jika fokus, insya’Allah bisnisnya bisa bagus. Para mahasiswa diharapkan dapat mengakses pasar yang sangat luas dan membangun sebuah bisnis,” ujar Gunawan Prianto, selaku Marketing Community.

Aina selaku panitia seminar mengatakan bahwa panitia membangun kerjasama dalam hubungan eksternal dengan pihak Shopee. Untuk mahasiswa sendiri, dengan adanya seminar ini, mereka dapat menambah wawasan lagi tentang bisnis di Shopee. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk menjalin hubungan dengan pihak Shopee dan UMM.

Pihak panitia seminar sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menyusun acara ini. “Kita juga sudah mengundang mahasiswa untuk datang ke seminar ini. Tujuannya adalah agar mahasiswa lebih aktif lagi dalam mengikuti seminar, event, dan kegiatan lainnya yang serupa. Untuk kedepannya kami (pihak panitia), mungkin akan mengadakan seminar seperti ini lagi,” terang Aina, selaku panitia seminar.

Makna atau inti yang dapat dipetik dari seminar Klinik Bisnis “Take Your Business To The Next Level With Shopee” ini adalah untuk menjadikan mahasiswa lebih mengenal bisnis di era millenial dan mampu dalam mengembangkan atau mengelola usaha yang telah dirintis sesuai dengan perkembangan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.