USAHAMUDA

Jualan Pawon Burger Berhasil, Berkah Bulan Ramadhan

Jualan Pawon Burger
Fiqih Rindra Anissa Owner dari “Pawon Burger”, Sabtu (17/11) (Foto:Fikho/Usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, Fiqih Rindra Anisa (25), seorang wanita asal kota Surabaya yang saat ini berdomisili di Kecamatan Singosari,  Kabupaten Malang ini sedang menjalankan usaha kulinernya yaitu Burger dan Hotdog yang bermerk “Pawon Burger”. Usahanya yang sampai saat ini sedang dijalanankan bisa dikatakan lumayan berhasil. Dengan memulai usahanya ini di bulan yang penuh berkah yaitu ramadhan, hingga sampai saat ini keberkahan itu menjadi kenyataan.

Awal mula membangun usaha “Pawon Burger” ini berawal saat mengikuti kegiatan pasar Ramadhan di lingkungan rumah. Dari mencoba berjualan di lingkungan rumah, ternyata hasil lumayan memuaskan. Pada saat hari pertama berjualan di pasar Ramadhan, Burger yang dijualnya habis terjual. Begitu juga di hari-hari selanjutnya, di mana Burger selalu habis dibeli oleh para pengunjung pasar ramadhan tersebut.

Sampai pada saat ini sudah terhitung masuk kurang lebih tiga tahun menjalani bisnis “Pawon Burger”ini. Modal awal usaha menjalani “Pawon Burger” ini sebesar lima ratus ribu, dimana modal tersebut digunakan untuk membeli keperluan bahan Burger dan kemasannya.

Perlu diketahui, Burger yang saat ini dijual adalah sudah siap saji atau siap makan. Seperti Burger pada umumnya, burger ini ada beberapa macam isi seperti sayur selada, timun, tomat, bawang bombay, telur, keju, saus tomat, saus sambel dan mayonaise. Untuk packagingnya menggunakan mika untuk kemasan Burger yang berbentuk setengah lingkaran.

Jualan Pawon Burger
Produk dari “Pawon Burger” yang sangat menggoda selera makan. (17/11) (Foto:Fikho/Usahamudaku)

Tidak hanya burger saja yang dijualnya, melainkan juga menjual Hotdog yang isinya juga tidak jauh berbeda dengan isi yang ada pada burger yaitu sosis. Burger yang dijual ada yang ukuran besar dan mini, begitu juga dengan Hotdog. Untuk burger ukuran besar Fiqih menjualnya dengan harga Rp 8000,00, sedangkan burger ukuran mini harganya Rp 3500,00 begitu pula dengan Hotdog ukuran besar dijual dengan harga Rp 7000,00 dan untuk Hotdog mini diual dengan harga Rp 4.000,00.

Pendapatan per harinya bisa mencapai Rp 150.000,00 – Rp 200.000,00 dan untuk omset setiap bulannya bisa sampai Rp 3.000.000,00 – Rp 5.000.000,00. Ia mengaku bersyukur karena dari yang hanya berjualan di pasar ramadhan lingkungan rumah, bisnis “Pawon Burger” yang di jalani sekarang sudah cukup dikenal banyak konsumen.Sekarang jadi banyak orang yang memesan Burger ataupun Hotdog untuk berbagai macam acara-acara tertentu.

Untuk memproduksi Burger saat ini dilakukan di rumah yang dibantu oleh Ibu, Adik, dan asisten rumah tangga. Untuk pemasarannya ditujukan mulai dari kantin-kantin sekolah, toko-toko kecil yang berjualan kue basah, dan pedagang yang berkeliling. Untuk media promosi, biasanya promosi di group WhatsApp, media sosial seperti Instagram, mulut ke mulut,  dll. Harapan untuk kedepannya, Fiqih berharap bisa terus menjalankan dan mengembangkan bisnis “Pawon Burger” ini dilingkup yang lebih luas lagi. (fkh)

Reporter : Dwira Fikho Indrawan
Editor    : Novan Risqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.