Beranda USAHAMUDA Berwirausaha Menjadikan Mandiri dan Mempunyai Jiwa Kompetitif

Berwirausaha Menjadikan Mandiri dan Mempunyai Jiwa Kompetitif

Berwirausaha Menjadikan Mandiri
Rima Dani (Foto: Doc pribadi)

MINIARTIKEL.COM, – Di zaman modern seperti sekarang ini banyak orang yang ingin sukses dalam bekerja dan mencari keuntungan. Namun sebenarnya bekerja tidak hanya untuk menghasilkan uang saja, seperti Rima Dani (20), mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Muhammadiyah Malang ini mengawali keriernya sebagai reseller atau customer suatu produk. Selain sibuk menjadi mahasiswa, ia juga sibuk melakukan interaksi dengan konsumen.

Dari hasil pendapatan yang ia peroleh, ia bisa mendapat uang jajan sendiri tanpa harus meminta orang tua. Ia mengaku sempat kualahan dalam mengatur waktu antara membeli dan mengantar barang sambil “ngepack-in” orderan. Ia mengaku bahwa tantangan yang harus ia hadapi yaitu harus bisa bertahan dan tetap sabar ketika ada orderan yang tidak diambil oleh konsumen.

Cara Rima dalam membagi waktu adalah dengan membuat jadwal. Ia berusaha menyempatkan untuk memposting gambar disela-sela jam kosong kuliah, disaat ia sedang tidak melakukan kegiatan (nganggur). Waktu ia COD an di hari Sabtu dan Minggu, dan untuk pengiriman barang setiap hari Senin dan Jumat.

Rima memulai bisnis saat memasuki masa SMA. Awalnya banyak orang yang menanyakan tentang kerudung yang ia kenakan, lalu setelah itu banyak orang yang mulai menitip kepada Rima. Awalnya ia memberikan secara gratis saja, tapi lama-lama semakin banyak. Akhirnya munculah ide dirinya untuk membuat bisnis.

Ia sempat berpikir untuk menyerah. Apalagi saat ia  melihat banyak barang yang belum diambil oleh konsumen. Disitu modalnya tidak dapat berputar dan ia terkadang berpikir untuk berhenti. Menurutnya faktor lingkungan mempengaruhi dalam berbisnis, karena dalam berbisnis membutuhkan support dari orang sekitar, terutama adalah orang terdekat.

“Kalau orang terdekat kita mendukung, itu sama saja membuka peluang kita untuk maju semakin besar,” ujar Rima. Untuk faktor pendidikan dirasanya relatif, karena semua orang bisa memulai bisnis, yang penting tetap percaya diri, jangan pernah merasa ragu untuk memulai bisnis, karena kalau seseorang sendiri ragu dalam berbisnis, pasti konsumen juga akan ragu dengan barang yang dijual.

Kelebihan menjadi wirausaha menurutnya adalah seseorang bisa mandiri dan mempunyai jiwa kompetitif. Kunci menjadi entrepreneur menurutnya yaitu ulet, jujur terhadap barang yang dijual, kualitas, bahan, tekstur dll. Seseorang tidak perlu malu untuk memulai suatu usaha. Ditanya soal omzet, Rima hanya menjawab “Alhamdulillah bisa buat uang jajan tambahan”. Modal awal usaha Rima sekitar Rp 1 juta. Produk yang dijualnya adalah kerudung.

Ia mengaku bahwa akan ada rencana untuk kedepan, namun untuk saat ini ia masih menjalankan bisnis degan santai sebagai kegiatan sampingan dan hobi. Menurutnya, sebaiknya bisnis dimuali dengan segera, dan jangan ditunda-tunda, karena semakin tertinggal dengan pesaing-pesaing yang ada. Jadi selagi ada kesempatan sebaiknya segera bergerak dan direalisasikan.

“Semua orang bisa menjadi pebisnis, yang terpenting adalah niat, usaha dan doa, supaya bisnis dapat berjalan lancar sesuai dengan keinginan,” ujar Rima. Motivasi Rima untuk semangat bisnis adalah ingin mewujudkan salah satu hobinya menjadi bagian dari pekerjaan. Pesan Rima bagi para entrepreneur, tetap semangat dan jangan pernah merasa ragu dengan bisnis, selama masih dalam konteks yang positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.