USAHAMUDA

Berawal Hobi Belanja, Berubah Menjadi Usaha

Berawal Hobi Menjadi Usaha
Weni bersama dengan anaknya, Raditya A. Hamizan dirumah kediamannya (18/11) (Foto: Fadillah/Usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, Weni Rindayani (30), perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur ini mengaku senang menjadi Ibu rumah tangga sambil berbisnis online. Selain itu ia mengatakan bahwa ada tantangan tersendiri dalam membagi waktu dan mengelola keuangan.“Senang rasanya bisa tetap berpenghasilan tanpa harus meninggalkan anak di rumah. Untuk manajemen waktu fleksibel saja, karena pekerjaan utama adalah Ibu rumah tangga, jadi saya mengambil waktu disela-sela kesibukan mengurus pekerjaan rumah tangga,” ujar Weni.

Ia menyarankan bahwa seseorang yang ingin memulai berbisnis, yang pertama adalah harus menyukai dahulu usaha apa yang akan dijalani, pantang menyerah, dan harus siap untuk menerima risiko yang mungkin akan dihadapi. Selain itu faktor lingkungan dan pendidikan juga mempengaruhi dalam berbisnis.

“Bicara soal pendidikan, saya dulu kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang ambil Jurusan Ilmu Komunikasi. Pendidikan sangat berguna untuk memperoleh ilmu, termasuk yang berhubungan dengan bisnis, lingkungan juga sedikit mempengaruhi, maka seseorang sangat dianjurkan untuk dapat terbuka dengan hal baru, karena sangat mungkin bisa memajukan usaha seseorang,” jelas Weni. Terakhir, ia mengingatkan bahwa harus ada koneksi dalam sebuah bisnis. “Jangan lupa, koneksi itu penting, berteman dengan siapapun yang dirasa positif,” tegas Weni.

Berawal Hobi Menjadi Usaha
Mukena tas kepang yang dijual online (instagram @mukena_branded_eksklusif)

Semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memulai sebuah usaha, yang terpenting adalah segera mengambil tindakan dan tanpa ragu setiap ada kesempatan. Seseorang juga harus cepat tanggap dalam melihat peluang besar. “Awalnya saya termotivasi karena hedon saya gila belanja, tapi semakin kesini semakin saya tahu bahwa hobi itu harus dapat saya manfaatkan,” terangnya.

Untuk menjadi entrepreneurship lebih baik dimulai segera mungkin, waktu terbaik dalam memulai bisnis  adalah sedini mungkin di lingkungan terdekat kita. Jadi, anak muda masih memiliki banyak waktu untuk memperbaiki setiap kekurangan maupun kegagalan.  Modal awal Weni dalam berbisnis hanya 500 ribu, namun siapa sangka omzet bisnis yang dikelolanya saat ini mencapai lebih dari 15 juta/bulan. Untuk jenis produk yang dijual adalah peralatan rumah tangga, kosmetik, woman and kids, outfit (baju, sepatu, celana, aksesoris dll).

Berawal Hobi Menjadi Usaha
Beberapa jenis barang yang dijual secara online. (Foto: Fadillah/usahamudaku)

Meskipun demikian, ia menilai bahwa bisnis yang dirintisnya itu belum bisa dibilang sukses, alasannya adalah karena pengerjaannya belum full time. Ia mengaku sampai saat ini belum ada rasa pesimis dan keinginan untuk berhenti, karena ia merasa senang dan enjoy dalam menjalankan bisnisnya. “Untuk prospek atau rencana di tahun depan saya ingin  mencoba MP (Market Place) luar negeri. Karena banyak produk dalam negeri yang perlu diekspos keluar,” ujar Weni.

Weni berpesan untuk mahasiswa yang ingin memulai bisnis, bahwa peluang itu selalu ada di sekitar kita, seseorang tidak perlu malu apalagi minder untuk mengambil peluang sekecil apapun. “Sini-sini jadi reseller saya, nanti saya bantu dapat penghasilan tanpa modal,” ajak Weni. “Kalau bisnis sudah jalan, meskipun sedikit demi sedikit, jangan ragu mencari reseller, reseller itu salah satu cara membesarkan usahamu,” tambahnya. (fdl)

Reporter : Fadillah Prabawati
Editor    : Dita Mawar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.