Beranda USAHAMUDA Berawal Dari Coba-Coba, Kini Menjadi Usaha yang Ditekuni

Berawal Dari Coba-Coba, Kini Menjadi Usaha yang Ditekuni

Pemberian makan ikan nila yang dilakukan oleh Haris, Jumat (16/11) (Foto: Novan/usahamudaku)

MINIARTIKEL.COM, Haris Yoga (22), seorang mahasiswa asal Tulungagung, Jawa Timur yang sedang menempuh pendidikan di  Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan bermodal awal 3 juta, akhirnya Haris membangun kolam ikan nila. Karena peluang masuk ke pasar masih lumayan besar dan keuntungan yang sangat menjanjikan, maka mulailah ia menekuni usaha yang dirintis tersebut.

Usaha yang dirintis mulai tahun 2017, dalam setahun sudah 3 kali panen. Untuk ukuran kolam 4 kali 6 meter bisa di isi bibit ikan nila sebanyak 2000 ekor dengan hasil panen sekitar 400 kilogram dan meraup keuntungan sekitar Rp 1,6 juta. “Air kolam ikan yang berada di area persawahan harus di perhatikan dengan baik. Misalnya, dengan memanfaatkan saluran irigrasi, maka kita harus waspada pada dampak penyemprotan hama ladang atau sawah yang dialiri irigrasi yang sama. Jika membuat sumur sendiri maka harus dipertimbangkan biaya produksi karena menggunakan pompa air untuk mengaliri air di sumur,” ujar Haris.

n
Kolam ikan nila milik Haris Yoga (22) berlokasi di Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Foto: Novan)

Haris menuturkan, dalam memulai usaha yang pertama yaitu dengan mencari pasar atau kemana barang akan dijual. Karena mengawali suatu usaha jika tidak tahu pasarnya hanya akan mendatangkan kerugian. Untuk perawatan ikan nila sendiri, Haris memberi makan 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari, kemudian menambahkan probiotik em4 dan bioster untuk menambah nafsu makan ikan serta menjaga kualitas air agar tidak mudah terserang penyakit.

“Bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya ikan nila harus memilih bibit yang unggul, cari petani pembibit ikan yang terpercaya dan unggul. Kemudian ukuran benih seragam sehat dan tidak cacat. Jadilah pribadi yang tegar menantang masa depan, bukan pengecut yang aman di zona kenyamanan,’’ ucap Haris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.