Beranda USAHAMUDA Berangkat dari Kebiasaan Sampai Menjadi Inspirator

Berangkat dari Kebiasaan Sampai Menjadi Inspirator

Panji Satria beserta timnya saat mengikuti kompetisi olahan kopi. (Foto:Dokumen narasumber)

USAHAMUDAKU.COM, MALANG – Siapa yang tak kenal dengan kopi? Tentu semua masyarakat khususnya Indonesia sudah tak asing lagi dengan yang namanya kopi. Kegiatan meminum seduhan kopi atau “ngopi” biasa orang jawa menyebut, telah menjadi rutinitas yang  dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Kini olahan kopi menjadi banyak sekali jenis dan variannya, hingga orang-orang banyak yang mengembangkan atau mengangkat kopi daerah mereka.

Salah satu pelaku usaha kopi yang kini berfokus mengangkat kopi lokal adalah Panji Satria (23), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini berasal dari Madiun. Selain menjadi seorang mahasiswa, sekarang ia sedang berfokus untuk mengembangkan kopi daerah asalnya.

ccc-300x210
Foto Panji Satria yang sedang memilih biji kopi terbaik. (Foto: Dokumen narasumber)

Bermula dari mengunjungi warung maupun kedai kopi dari satu tempat ke tempat lainnya, hingga tumbuh rasa keingintahuan tentang rasa yang dihasilkan dibalik sebuah seduhan kopi. Panji menuturkan bahwa banyak petani Indonesia yang masih salah dalam memproses kopi, sehingga kualitas yang dihasilkan tidak bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional.

cc-300x210
Panji Satria beserta timnya saat mengikuti kompetisi olahan kopi. (Foto:Dokumen narasumber)

Di usia yang masih muda, tepatnya tahun 2013 panji membentuk sebuah tim yang berfokus untuk mengangkat kopi lokal Madiun yang diberi nama kopi Robusta Wilis Madiun. Berbagai jenis teknik membuat kopi dan berbagai varian menu kopi telah ia kuasai.

“Saya selain membentuk tim yang mengangkat Robusta Wilis Madiun, juga memberi edukasi ke para petani agar bisa memproses dan menghasilkan kopi yang maksimal. Tentunya harus memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing untuk proses ekspor,” ujar Panji. Selain itu ia juga mengikuti beberapa event khususnya di Jawa Timur, dan ia telah memiliki sertifikasi barista. (nvn)

Pewarta: Novan Risqi
Editor   : Fadillah Prabawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.